Kanker Lidah : Penyebab, Gejala Awal dan Pengobatannya

Kanker Lidah mungkin di antara kita ada yang belum mengetahuinya, padahal saat ini sudah menjadi di negara kita baik di televisi atupun di  media online setelah kanker jenis ini, menyerang seorang aktris televisi bernama Cecillia Putty Vickend. Lantas, seperti apa keganasan dan penyebab sel kanker lidah tersebut cepat menyebar? Apa saja gejala awal kanker lidah dan bagaimana pengobatanya.
kanker lidah gejala

Kanker lidah adalah jenis kanker yang terjadi di dalam rongga mulut, terutama di bagian lidah. Penyakit ini biasanya menyerang di bagian pinggir lidah, belakang lidah dan pangkal lidah.  Di Indonesia sendiri kanker lidah tergolong penyakit langka dan tidak begitu dikenal masyarakat, sehingga mereka cenderung mengabaikan gejala-gejala awal kanker lidah yang dapat menempatkan masyarakat pada risiko kematian.

Penyebab Kanker Lidah

1. Faktor fisik - gesekan lidah jangka panjang dapat menyebabkan sariawan berkepanjangan yang nantinya dapat menyebabkan kanker lidah. Faktor higinis mulut yang buruk dapat menyebabkan peradangan kronis yang dapat menjadi salah satu penyebab kanker lidah. Radiasi juga dapat menjadi faktor penyebab kanker lidah, seperti terapi radioterapi.

2. Faktor kimia - tembakau dan alkohol; kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol dapat memicu terjadinya kanker lidah. Rokok mengandung nikotin yang mengandung zat karsinogenik. Alkohol memang tidak mengandung zat karsinogenik tetapi mengandung etanol yang dapat 'membantu' penyerapan zat karsinogenik.

3. Faktor biologi - ada beberapa laporan penelitian bahwa papillomavirus dapat menyebabkan kanker lidah

4. Faktor lain - gangguan nutrisi dan metabolisme

5. precancerous lesions/lesions - kanker lidah dapat berkoeksistensi dengan precancerous lesion. 

Gejala Awal Kanker Lidah

Gejala yang bisa ditandai dari penyakit ini ialah adanya bintik merah atau putih pada lidah. Gejala awal dari kanker lidah cukup sulit untuk dideteksi karena tidak menimbulkan rasa sakit. Stadium awal dari kanker lidah banyak ditemukan oleh dokter gigi atau dokter yang dilatih untuk melihat perubahan halus dalam jaringan. Salah satu tanda awal dari kanker adalah munculnya bintik putih atau merah pada lidah. Bintik ini juga dapat berkembang pada gusi atau daerah lain pada mulut. Jika Anda menemukan bintik yang tidak normal, menimbulkan rasa sakit, atau berubah warna, dan tidak sembuh dalam waktu 14 hari, maka segera lakukan pemeriksaan.

Benjolan

Benjolan atau massa jaringan yang terbentuk pada lidah mungkin adalah tanda peringatan awal kanker lidah. Perokok atau orang yang mengonsumsi alkohol berlebih dapat berisiko tinggi untuk meningkatkan penyakit ini.

Timbul rasa sakit

Kanker lidah juga dapat menimbulkan rasa sakit saat mengunyah dan menelan. Adanya benjolan dan luka pada lidah dapat dengan mudah berdarah. Jika Anda mengalami sakit tenggorokan kronis atau jika rasa sakit menjalar ke telinga, segera lakukan pemeriksaan dini. Perubahan suara atau mati rasa, juga hilangnya sensasi di lidah atau mulut bisa menjadi gejala lain dari kanker lidah.

Gejala lebih lanjut kanker lidah

Pada stadium ini, kankernya sudah berkembang melampaui bagian tengah lidah, dan sudah terjadinya penyebaran ke kelenjar getah bening. Biasanya rute penyebarannya adalah ke kelenjar getah bening servikal, yang lalu diikuti ke kelenjar getah bening submental dan sekelompok getah bening dalam lainnya. Tingkat penyebarannya cukup cepat, jadi sebaiknya segera menjalani pengobatan sebelum parah. 

Pengobatan Kanker Lidah

Jika Anda merasakan salah satu gejala di atas, sebaiknya Anda berkunjung ke dokter untuk melakukan diagnosis awal. Perawatan penderita kanker lidah disesuaikan dengan ukuran dan perluasan area kanker, apakah kanker telah menyebar ke limph nodes di leher atau belum. Dalam kondisi ini pasien dapat menjalani pengobatan dengan cara operasi, radiotherapy, dan chemotherapy.

Perawatan terbaik untuk kanker lidah yang kecil adalah dengan operasi. Sedangkan untuk tumor besar yang sudah menyebar ke lymph nodes di leher, Anda harus melakukan kombinasi operasi dan radioterapi.

Hal ini ditujukan untuk mengangkat kanker dari lidah dan lymph nodes di leher Anda. Operasi pengangkatan lymph nodes di leher ini juga disebut dengan Neck dissection. Selanjutnya, untuk mencegah pertumbuhan kanker kembali perlu dilakukan radioterapi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sel-sel kanker yang tersedia.

Jika kanker telah tumbuh cukup besar, kemungkinan pasien harus segera dioperasi untuk menghilangkan sebagian atau seluruh lidah (glossectomy).

Jika artikel Kanker Lidah : Penyebab, Gejala Awal dan Pengobatannya berikut ini bermanfaat, silahkan share kepada sahabat anda di facebook ataupun di twitter agar sahabat anda bisa terhindar dari Kanker Lidah. Terima Kasih