Mata : Bagian serta Fungsi Mata

Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40 unsur utama yang berbeda dan kesemua bagian ini memiliki fungsi penting dalam proses melihat kerusakan atau ketiadaan salah satu fungsi bagiannya saja akan menjadikan mata mustahil dapat melihat. Lapisan tembus cahaya di bagian depan mata adalah kornea, tepat dibelakangnya terdapat iris, selain memberi warna pada mata, iris juga dapat mengubah ukurannya secara otomatis sesuai kekuatan cahaya yang masuk, dengan bantuan otot yang melekat padanya. Misalnya ketika berada di tempat gelap iris akan membesar untuk memasukkan cahaya sebanyak mungkin. Ketika kekuatan cahaya bertambah, iris akan mengecil untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata. System pengaturan otomatis yang berkeja pada mata bekerja sebagaimana berikut.

saraf mata

Ketika cahaya mengenai mata sinyal saraf terbentuk dan dikirimkan ke otak, untuk memberikan pesan tentang keberadaan cahaya, dan kekuatan cahaya. Lalu otak mengirim balik sinyal dan memerintahkan sejauh mana otot disekitar iris harus mengerut. Bagian mata lainnya yang bekerja bersamaan dengan struktur ini adalah lensa. Lensa bertugas memfokuskan cahaya yang memasuki mata pada lapisan retina di bagian belakang mata. Karena otot-otot disekeliling lensa cahaya yang datang ke mata dari berbagai sudut dan jarak berbeda dapat selalu difokuskan ke retina. Semua sistem yang telah kami sebutkan tadi berukuran lebih kecil, tapi jauh lebih unggul daripada peralatan mekanik yang dibuat untuk meniru desain mata dengan menggunakan teknologi terbaru, bahkan sistem perekaman gambar buatan paling modern di dunia ternyata masih terlalu sederhana jika dibandingkan mata. Jika kita renungkan segala jerih payah dan pemikiran yang dicurahkan untuk membuat alat perekaman gambar buatan ini kita akan memahami betapa jauh lebih unggulnya teknologi penciptaan mata.

Bagian - Bagian Mata
Mata adalah organ penglihatan yang mendeteksi cahaya. Yang dilakukan mata yang paling sederhana tak lain hanya mengetahui apakah lingkungan sekitarnya adalah terang atau gelap. Mata yang lebih kompleks dipergunakan untuk memberikan pengertian visual.

Berikut ini adalah bagian-bagian mata pada manusia menurut letaknya :

Bulu mata
Bulu mata, atau lebih tepatnya rambut mata, adalah bagian dari kelopak mata yang berupa helaian rambut-rambut. Rambut-rambut ini berfungsi untuk melindungi supaya debu, keringat atau air yang menetes dari dahi tidak masuk ke mata. Rambut mata merupakan rambut yang sangat lembut. Alat untuk melentikkan dan menebalkan bulu mata disebut maskara. Bulu mata dimiliki oleh manusia dan hewan mamalia.

Alis mata
Alis mata pada sebagian besar mamalia berupa bagian yang sedikit menonjol sedikit di atas kedua belah kelopak mata dan mempunyai sedikit rambut halus. Alis mata berfungsi sebagai pelindung mata yang peka dari tetesan keringat yang jatuh dari bagian dahi, air hujan, atau sinar matahari yang berlebihan.

Bentuk alis mata pada manusia biasanya bagaikan bulan sabit dengan lengkungan agak tajam di bagian pelipis. Tidak jarang juga dijumpai orang dengan alis mata bagian kiri dan bagian kanan yang bersambung menjadi satu.

Bentuk alis mata dan arah tumbuh rambut pada alis dimaksudkan agar keringat atau air bisa mengalir ke kening dan jatuh ke pipi, atau ke arah pipi melewati puncak hidung. Bentuk tulang dahi pada bagian alis mata juga ikut melindungi mata dari tetesan keringat dan air.

Alis mata juga berfungsi sebagai penahan berbagai macam kotoran yang bisa memasuki mata, seperti pasir, debu, dan ketombe. Selain itu rambut pada alis mata juga menambah kepekaan pada kulit untuk merasakan objek asing yang berada di dekat mata, misalnya serangga yang hendak masuk ke mata.

Dalam komunikasi antarmanusia, alis mata merupakan salah satu alat untuk mengungkapkan berbagai ekspresi, seperti takjub, marah, bingung, atau tidak paham.

Kelopak mata
Kelopak mata adalah lipatan kulit yang lunak yang menutupi dan melindungi mata.
Beberapa penyakit yang terkait dengan kelopak mata antara lain ptosis atau kelopak mata bergantung, yang dalam kebanyakan kasus terjadi apabila otot levator palpebrae tidak cukup kuat untuk menyangga kelopak mata. Penanganan atas keadaan patologis ini dapat dilakukan dengan operasi bedah menggunakan anestesi lokal, dan keadaan mata dapat membaik setelah operasi.

Fungsi Mata
Konjungtiva
• Melindungi kornea dari gesekan

Skelra
• Melindungi bola mata dari kerusakan mekanis dan menjadi tempat melekatnya otot mata

Otot-otot
• Muskulus rektus superior, untuk menggerakkan mata ke atas
• Muskulus rektus inferior, untuk menggerakkan mata ke bawah
• Muskulus rektus medial, untuk menggerakkan mata ke dalam
• Muskulus rektus lateral, untuk menggerakkan mata ke sisi luar
• Muskulus oblikus superior, untuk menggerakkan mata ke atas sisi luar
• Muskulus oblikus inferior, untuk menggerakkan mata ke bawah sisi luar

Kornea
• Memungkinkan lewatnya cahaya dan merefraksi cahaya

Koroid
• Mengandung pembuluh darah oenyuplai retina dan melindungi releksi cahaya dalam mata

Badan Siliaris
• Menyokong lensa, mengandung otot yang memungkinkan lensa berubah bentuk, dan mensekresikan aqueous humor

Iris ( Pupil )
• Mengendalikan ukuran pupil, sedangkan pigmennya mengurangi lewatnya cahaya.

Lensa
• Memfokuskan pandangan dengan mengubah bentuk lensa

Retina
• Mengandung sel batang dan kerucut

Fovea
• Bagian retina yang mengandung sel kerucut

Bintik buta
• Daerah saraf optik meninggalkan bagian dalam bola mata dan tidak mengandung sel konus dan batang

Vitreous humor
• Menyokong lensa dan menolong dalam menjaga bentuk bola mata

Aqueous humor
• Menjaga bentuk kantong depan bola mata

Anatomi Mata Manusia
Mata merupakan salah satu dari pancaindra manusia. Manusia memiliki sepasang bola mata yang berbentuk lonjong dengan diameter kira-kira 2,5 cm.
Mata memiliki struktur anatomi yang sama baik dikanan maupun dikiri, hal ini menyebabkan kedua mata dapat bekerja secara terkordinir dan sinkron. Berikut anatomi mata dan sedikit penjelasan fisiologinya. 

Palpebra
Di bagian luar mata terdapat palpebra yang terdiri dari palpebra superior dan inferior, berfungsi untuk melindungi bola mata serta sekresi kelenjarnya yang berbentuk film air mata di depan kornea. Palpebra superior lebih bebas bergerak dan mempunyai M.Levator Palpebra Superior, yang berfungsi untuk mengangkat palpebra (membuka mata). Pada kulit palpebra dijumpai kelenjar sudorifera (Kel. Moll), kel. sebacea (Kel. Zeis) dan plexus simpatikus. Sedangkan pada tarsus terdapat kel. sebasea Meibom.

Konjungtiva
Merupakan membran yang menutupi sklera dan palpebra bagian pesterior. Konjungtiva dibagi menjadi 3 bagian yaiut konjungtiva tarsal, bulbi dan fornix.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul: Mata : Bagian serta Fungsi Mata
Ditulis Oleh Diah Permatasari
Jika mengutip harap berikan link yang menuju ke artikel Mata : Bagian serta Fungsi Mata ini. Sesama blogger mari saling menghargai. Terima kasih atas perhatiannya

 
Puntodewo Berbagi
Blogger Template by Harga Hp Share In Penyebab Penyakit Lupus | Host In Blogger.com